Welcome To Creative 1 Big Family Best Community
 
IndeksCalendarFAQPencarianAnggotaGroupPendaftaranLogin

Share | 
 

 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]

Topik sebelumnya Topik selanjutnya Go down 
PengirimMessage
kyoryoku



Jumlah posting : 52
Points : 2262
Join date : 04.12.10
Age : 21
Lokasi : Mello--Csb at Denpasar,Indonesiaâ„¢

PostSubyek: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Sun Dec 12, 2010 2:11 am

di salah satu RS di Bandung Datang seorang bocah berusia sekitar 10 tahun ke UGD RS tsb dengan keluhan tidak bisa buang air besar alias BAB selama 4 hari.. Perut penderita udah kembung & terlihat besar...

Diagnosa sementara adalah Ileus Obstruktif ( Sumbatan di Usus Halus) Langsung aja kita persiapkan operasi karena emang satu2nya jalan adalah dengan pembedahan.

Setelah anastesi berjalan, dibukalah perut anak itu, ternyata......
AWAS !!!:
 

Hasil Operasi : sekitar 3 KG Cacing jenis Ascaris lumbricoides
(estimasi sekitar 500-1000 cacing)
shock

Setelah operasi selesai, keluarga pasien dipanggil.

Begitu tau tentang kondisi anaknya, respon sang ayah ternyata gaq disangka2 : "Oh itu mah udah biasa Dok, anak saya udah beberapa kali dikasih obat cacing, kalo berak gak tuh keluar t*i-nya, keluarnya cacing semua. Udah sering itu Dok" /wah/wah/wah

Penyakit Cacingan / Askariasis :

Penjelasan ttg Cacingan / Askariasis

Askariasis adalah penyakit parasit yang disebabkan oleh cacing gelang Ascaris lumbricoides. Askariasis adalah penyakit kedua terbesar yang disebabkan oleh makhluk parasit.

Hospes atau inang dari Askariasis adalah manusia. Di manusia, larva Ascaris akan berkembang menjadi dewasa dan menagdakan kopulasi serta akhirnya bertelur.

Penyakit ini sifatnya kosmopolit, terdapat hampir di seluruh dunia. Prevalensi askariasis sekitar 70-80%.

Etiologi

Cacing jantan berukuran sekitar 10-30 cm, sedangkan betina sekitar 22-35 cm. Pada cacing jantan ditemukan spikula atau bagian seperti untaian rambut di ujung ekornya (posterior). Pada cacing betina, pada sepertiga depan terdapat bagian yang disebut cincin atau gelang kopulasi.

Cacing dewasa hidup pada usus manusia. Seekor cacing betina dapat bertelur hingga sekitar 200.000 telur per harinya. Telur yang telah dibuahi berukuran 60 x 45 mikron. Sedangkan telur yang tak dibuahi, bentuknya lebih besar sekitar 90 x 40 mikron. Telur yang telah dibuahi inilah yang dapat menginfeksi manusia.

auch:
 

Siklus
Pada tinja penderita askariasis yang membuang air tidak pada tempatnya dapat mengandung telur askariasis yang telah dubuahi. Telur ini akan matang dalam waktu 21 hari. bila terdapat orang lain yang memegang tanah yang telah tercemar telur Ascaris dan tidak mencuci tangannya, kemudian tanpa sengaja makan dan menelan telur Ascaris.

Telur akan masuk ke saluran pencernaan dan telur akan menjadi larva pada usus. Larva akan menembus usus dan masuk ke pembuluh darah. Ia akan beredar mengikuti sistem peredaran, yakni hati, jantung dan kemudian di paru-paru.

Pada paru-paru, cacing akan merusak alveolus, masuk ke bronkiolus, bronkus, trakea, kemudian di laring. Ia akan tertelan kembali masuk ke saluran cerna. Setibanya di usus, larva akan menjadi cacing dewasa.

Cacing akan menetap di usus dan kemudian berkopulasi dan bertelur. Telur ini pada akhirnya akan keluar kembali bersama tinja. Siklus pun akan terulang kembali bila penderita baru ini membuang tinjanya tidak pada tempatnya.

Diagnosis
Diagnosis askariasis dilakukan dengan menemukan telur pada tinja pasien atau ditemukan cacing dewasa pada anus, hidung, atau mulut.

Gejala Klinis
Gejala klinis akan ditunjukkan pada stadium larva maupun dewasa.

Pada stadium larva, Ascaris dapat menyebabkan gejala ringan di hati dan di paru-paru akan menyebabkan sindrom Loeffler. Sindrom Loeffler merupakan kumpulan tanda seperti demam, sesak nafas, eosinofilia, dan pada foto Roentgen thoraks terlihat infiltrat yang akan hilang selama 3 minggu.

Pada stadium dewasa, di usus cacing akan menyebabkan gejala khas saluran cerna seperti tidak nafsu makan, muntah-muntah, diare, konstipasi, dan mual. Bila cacing masuk ke saluran empedu makan dapat menyebabkan kolik atau ikterus. Bila cacing dewasa kemudian masuk menembus peritoneum badan atau abdomen maka dapat menyebabkan akut abdomen.

Pengobatan
Pengobatan askariasis dapat digunakan obat-obat sepreti pirantel pamoat, mebendazol, albendazol, piperasin.

Pencegahan
Di Indonesia, prevalensi askariasis tinggi, terutama pada anak-anak. Penyakit ini dapat dicegah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan yang baik. Pemakaian jamban keluarga dapat memutus rantai siklus hidup Ascaris lumbricoides ini.

gila kan ??
buset
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/BenRyuKi
dita_creativeone



Jumlah posting : 50
Points : 2250
Join date : 04.12.10
Age : 23
Lokasi : Denpasar, Indonesia

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Sun Dec 12, 2010 2:31 am

Eike kaga cacingan Ben......... suka suka suka


-L-Dita_C1-St

..::Lumiere D'Espoir::..
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Badguyzz



Jumlah posting : 83
Points : 2291
Join date : 05.12.10
Age : 22
Lokasi : Cirebon

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Sun Dec 12, 2010 3:18 am

Makanya minum obat cacing 6 bulan sekali ..
Wkwk .. wakakaka

Moi-BossLee-C1
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
MoizStaff-C1



Jumlah posting : 21
Points : 2230
Join date : 04.12.10
Age : 22
Lokasi : Depok

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Sun Dec 12, 2010 8:21 am

sadis nih shock
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user http://www.facebook.com/profile.php?id=1835686696#!/
Lee



Jumlah posting : 22
Points : 2233
Join date : 03.12.10
Age : 29
Lokasi : Batam

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Sun Dec 12, 2010 10:36 pm

Kaga ada Pic na kesel
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
ReinJichie-FL



Jumlah posting : 33
Points : 2229
Join date : 08.12.10
Age : 18
Lokasi : Jakarta

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Mon Dec 13, 2010 10:36 am

wow nicee info gan
008 tpi knp kgk ada pict nye ?
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Badguyzz



Jumlah posting : 83
Points : 2291
Join date : 05.12.10
Age : 22
Lokasi : Cirebon

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Fri Dec 17, 2010 8:48 am

Staff Bol wrote:
wow nicee info gan
008 tpi knp kgk ada pict nye ?

EneQ gile di kasi pic'a mah ... shock

Moi-BossLee-C1
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Lee



Jumlah posting : 22
Points : 2233
Join date : 03.12.10
Age : 29
Lokasi : Batam

PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Tue Dec 21, 2010 2:25 am

Badguyzz wrote:
Staff Bol wrote:
wow nicee info gan
008 tpi knp kgk ada pict nye ?

EneQ gile di kasi pic'a mah ... shock

Moi-BossLee-C1

Gw mau Pict liat nya.... kesel
Kembali Ke Atas Go down
Lihat profil user
Sponsored content




PostSubyek: Re: 3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]   Today at 8:58 pm

Kembali Ke Atas Go down
 
3kg cacing pita keluar dari tubuh bocah [GGS]
Topik sebelumnya Topik selanjutnya Kembali Ke Atas 
Halaman 1 dari 1
 Similar topics
-
» keluar cairan hijau dari ninin.....?
» oli keluar dr lubang pernafasan
» sharing game2 asah otak aja..
» Saluran pembuangan bensin bocor n karburator banjir
» (WTA) Knalpot keluar asap waktu motor langsam

Permissions in this forum:Anda tidak dapat menjawab topik
Creative 1 Community :: Creative 1 Chit Chat-
Navigasi: